Home » , , , » Kentang Mustofa

Kentang Mustofa

Written By Admin on Friday, May 2, 2014 | 4:57 PM

kentang-mustofa-parung-asli


Kenapa Kentang itu bernama Mustofa?

Berwibawa sekali potongan-potongan kentang seukuran korek api itu menyandang namanya. Tak pernah absen pula ia menyertakan kehadirannya di berbagai kenduri dan pesta. Tidak ada yang tahu darimana ia mendapatkan namanya, bahkan di Google yang dianggap tahu pun tak sanggup menyingkap kelambu misteri riwayat penamaannya.


Ribuan lidah mungkin tak peduli; yang penting renyahnya terasa. Karena buat mereka bukan arti yang dicari; melainkan kelezatan yang dinanti.

Yang terpilih atau “the chosen one”, itulah arti dari kata Mustofa di bahasa asalnya, Arab. Sebuah makna yang bernilai sepadan dengan tokoh ‘Neo’ yang jagonya nggak ketulungan di film The Matrix. Gelar tertinggi yang melambangkan supremasi dan keniscayaan. Dan entah mengapa, makna yang teramat berbobot ini menemukan tempatnya di kumpulan potongan-potongan kecil kentang yang digoreng serenyah, sekering dan seringan mungkin.

Bilapun dibuka kongres luar biasa di antara ahli2 kuliner seantero alam raya, sepertinya sepakat tidak akan pernah tercapai untuk menetapkan sebagai olahan Kentang dengan kasta tertinggi. Pun, catatan sejarah kerajaan-kerajaan agung negeri ini tidak ada  yang menempatkannya sebagai hidangan kebesaran. Namun tetap saja ia adalah Kentang Mustofa, Kentang Yang Terpilih. Yang walaupun tempatnya diujung akhir meja hidangan, namun maknanya terbuki.

Tetap, misteri itu tidak terjawab. Walau pertanyaan itu sudah beredar di berbagai obrolan di hajatan, ditempat catering dan para juru2 masak. Tulisan ini pun sepertinya memang tidak mempunyai kekuatan untuk menyibak riwayatnya.

Siapa tahu; Mustofa mungkin hanya sekedar nama dari ia yang menciptakan komposisi lezat itu pada awalnya. Atau sesuatu yang terceletuk begitu saja tanpa perlu ada latar belakang atau alasan. Jadi kentang ini menjadi wacana tak terpecahkan seperti misteri alienkah?

Pesan hub:
Sasi_ 081288579925 _pin: 25C45818

KENTANG MUSTOFA
Rasa Original & Pedas
Share this article :

1 comments:

  1. Koq ceritanya mirip, ada beberapa kalimat malah sama, seperti di sini:

    http://bacheo.blogspot.co.id/2013/03/kenapa-kentang-itu-bernama-mustofa.html?m=1

    ReplyDelete

Sponsor



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. 100% Parung Asli - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger